tastetrip.id – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD City, Tangerang, menyukseskan pertumbuhan pengunjung hingga 485.569 orang, meningkat dari tahun lalu yang hanya 475.084 orang.
Namun, walaupun pengunjung bertambah, nilai transaksi justru mengalami penurunan, memunculkan fenomena unik yang menarik perhatian tentang perilaku konsumen saat ini.
Peningkatan Jumlah Pengunjung
Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan bahwa pertumbuhan pengunjung di GIIAS 2025 mencapai kisaran 6-7 persen. “Kita akan umumkan besok malam totalnya berapa yang datang,” ujarnya menjelang penutupan acara.
Peningkatan ini membawa angin segar bagi penyelenggara, namun mereka juga menghadapi tantangan baru di segi transaksi penjualan. Hal ini menggambarkan perubahan perilaku di kalangan konsumen yang kini lebih memilih untuk mengamati ketimbang membeli.
Fenomena Rohana dan Rojali
Istilah ‘Rohana’ dan ‘Rojali’ kini menjamur, mengungkapkan sikap pengunjung yang datang tanpa niat berbelanja. Rohana adalah akronim untuk ‘rombongan hanya nanya’, dan Rojali berarti ‘rombongan jarang beli’.
Situasi ekonomi yang kurang bersahabat diduga menjadi pengaruh utama terhadap daya beli konsumen saat ini. “Kalau saya lihat dari segi transaksi kelihatannya agak turun. Tapi kalau kita lihat kondisi ekonomi memang agak memberat,” ungkap Yohannes.
Bagi beberapa orang, menghadiri GIIAS 2025 lebih menjadi aktivitas sosial, mereka menikmati suasana, udara dingin, dan beragam hiburan tanpa harus melakukan pembelian besar.
Harapan untuk Industri Otomotif
Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2025, menggarisbawahi bahwa pameran ini tidak hanya berfokus pada nilai transaksi semata. “Setiap tahun, setelah pameran berakhir, Gaikindo menerima laporan capaian dari para peserta, ada yang menunjukkan fluktuasi transaksi yang meningkat maupun menurun yang adalah hal biasa,” ujarnya.
Mereka berharap capaian GIIAS 2025 dapat setara atau bahkan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Penyelenggaraan pameran ini diharapkan dapat menjadi dorongan untuk pertumbuhan industri otomotif nasional.
Rangkaian GIIAS The Series selanjutnya akan berlanjut ke Surabaya, Semarang, Bandung, dan Makassar dengan jadwal yang sudah ditentukan.